4 Tips Membersihkan Alat Masak Berbahan Kayu

ResepKokiMENU
4 Tips Membersihkan Alat Masak Berbahan Kayu
You are hereHomePeralatan Dapur4 Tips Membersihkan Alat Masak Berbahan Kayu
4 Tips Membersihkan Alat Masak Berbahan Kayu

(Image: Amazon)

Penulis: Rosalia | Editor: Ria

Anda pasti punya, kan, peralatan masak berbahan kayu di rumah? Saya sendiri sebenarnya lebih suka mengoleksi alat masak berbahan kayu. Selain tidak mudah berkarat, alat masak dengan bahan ini terlihat lebih alami dan natural. Tapi, merawatnya ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Cara membersihkannya pun berbeda dengan alat masak berbahan alumunium, besi, kaca atau plastik yang cukup dicuci bersih dengan sabun dan air. Sifat bahan kayu ternyata sangat mempengaruhi perawatannya. Lalu seperti apa cara perawatannya yang tepat?

1. Jangan Direndam

Apapun yang berbahan kayu sebaiknya langsung dicuci dan tidak direndam air, ya. Sebab, bahan kayu ini berpori dan bisa menyerap air. Bahan kayu yang mengandung air akan mudah berjamur. Tapi, kalau centong nasi berbahan kayu tertempel banyak kerak nasi, boleh-boleh saja kok direndam air. Asalkan jangan terlalu lama.

2. Gunakan Sikat

Metode terbaik untuk membersihkan alat masak bahan kayu adalah dengan menyikatnya. Anda bisa menggunakan sabun cuci yang dicampur air panas supaya kotoran bisa dituntaskan dengan sempurna. Untuk alat masak kayu yang berukuran kecil, tidak perlu menggunakan sikat besar, cukup gunakan sikat kecil seperti sikat gigi. Tapi, kalau alat masak kayunya berukuran besar seperti telenan, anda bisa menggunakan sikat cuci agar lebih mudah dibersihkan.

3. Keringkan Sebelum Disimpan

Jika alat masak lain biasanya ditiriskan atau cukup ‘diangin-anginkan’, maka alat masak kayu ini wajib dikeringkan sebelum disimpan. Soalnya, alat masak kayu tersebut bisa berjamur dan berubah warna kalau dibiarkan lembap dan disimpan di dalam tempat yang kurang cahaya. Gunakan kain kering untuk mengelap alat masak kayu ini.

4. Bahan-Bahan Alami sebagai Zat Pembersih

Selain sabun cuci piring, alat masak kayu juga cocok dibersihkan dengan menggunakan bahan-bahan yang bersifat sama dengan kayu, yaitu alami. Berikut adalah bahan-bahan natural yang bisa anda gunakan untuk membersihkan alat masak kayu.

Baking Soda

Untuk menghilangkan bau apek di alat masak kayu, gunakan baking soda yang dicampur dengan air sabun dengan perbandingan 1:2. Gosok alat masak kayu dengan campuran ini dan bilas hingga bersih. Bau apek pun dijamin akan hilang.

Selain dengan air sabun, anda bisa juga mencampur baking soda dengan garam. Campuran ini bisa menghilangkan noda dan kotoran yang susah hilang pada alat masak kayu. Gunakan sikat cuci yang sudah dicelup air panas untuk menggosok alat masak kayu yang sudah dioles campuran baking soda dan garam.

Air Panas

Alat masak kayu punya pori-pori yang bisa menyerap bahan atau sisa masakan, sehingga kalau tidak dibersihkan dengan baik malah bisa jadi sumber kontaminasi penyakit. Setelah menggunakannya, anda bisa mencuci alat masak kayu ini dengan air panas. Dengan cara ini, anda bisa membersihkan sekaligus mematikan kuman-kuman yang mungkin ada dalam pori-pori alat masak kayu tersebut.

Lemon

Selain baik untuk kesehatan, lemon ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan alat masak kayu. Anda bisa merendamnya selama 10-15 menit dalam campuran perasan lemon dan air panas, kemudian cuci bersih seperti biasa.

Selain dicampur dengan air panas, anda bisa juga membersihkan alat masak kayu dengan campuran lemon dan garam. Anda bisa menaburkan garam pada alat masak kayu, lalu gosok dengan potongan buah lemon. Lemon ini mampu menghilangkan minyak dan kotoran pada alat masak kayu, juga menghilangkan bau apek dan bakteri.

Cuka

Selain menghilangkan bakteri, cuka juga bisa digunakan sebagai penetralisir bau pada alat masak kayu. Anda bisa menyemprot atau menuang cuka pada alat masak kayu, lalu gosok hingga bersih.

Minyak Zaitun

Bahan yang satu ini bukan digunakan untuk membersihkan, melainkan untuk melapisi permukaan alat masak kayu. Setelah dicuci bersih, anda bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak mineral untuk merawat dan membuat alat masak kayu jadi tahan lama. Cukup olesi alat dengan minyak sebulan sekali, tidak perlu setiap habis digunakan. Setelah diolesi minyak, lap kering alat masak kayu, lalu tunggu sampai benar-benar kering baru digunakan kembali. Dengan cara ini, alat masak kayu bisa lebih awet karena minyak sudah melapisi pori-porinya, sehingga tidak ada air atau bakteri yang masuk.

Cara-cara ini tidak hanya berlaku bagi alat masak kayu seperti spatula, sendok dan garpu saja lho, tetapi juga bisa diterapkan saat sedang membersihkan telenan kayu atau cobek. Menarik kan untuk dicoba?4

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0

Your Cart

%d bloggers like this: